Pages

Minggu, 22 April 2012

Sekilas Tentang Alat Musik Gambus di Kab.Kep.Meranti

  •     Gambus adalah  salah satu alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini memiliki fungsi sebagai pengiring tarian zapin dan nyanyian pada waktu pesta pernikahan atau acara syukuran.seperti di Kabupaten Kepulauan Meranti ada satu grup orkes Gambus Al-Komar,yang beralamat di Jalan Pembangunan III Selatpanjang,saya juga salah satu personil dari grup mereka.kalau kita bicara tentang belajar bermain Gambus,saya tidak dapat mengajarkan cara belajar bermain Gambus,Karena Gambus bukan ada kuncinya seperti kita belajar Gitar,karena semuanya tergantung dari filling kita tentang irama lagu-lagu zapin,qasidah,melayu dll.
  •     Alat musik ini identik dengan nyanyian yang bernafaskan Islami. Dalam mengiringi penyanyi, alat musik ini juga diiringi dengan alat musik lain, seperti marwas untuk memperindah irama nyanyian. Bentuknya yang unik seperti bentuk buah labu siam atau labu air menjadikannya mudah dikenal. Alat musik gambus juga dianggap penting dalam nyanyian Ghazal melayu.
  •     Ada beberapa jenis gambus yang dapat diperoleh di mana saja, terutama di kawasan tanah Melayu. Jenis-jenis tersebut, seperti gambus yang hanya mempunyai tiga senar dan ada juga gambus yang mempunyai 12 senar. Jumlah senar biasanya terpulang pada yang memainkannya. Selain dimainkan secara solo, alat musik ini dapat juga dimainkan secara berkelompok. Alat musik gambus dapat dimainkan di dalam perkumpulan musik-musik tradisional atau modern. Bila dikolaborasi antara alat-alat musik tradisional dengan modern akan menghasilkan irama yang merdu serta mempunyai keunikan tersendiri.

0 komentar:

Posting Komentar